Menjadi Tutor Sekolah Daring yang Asyik untuk Anak

Kamis, 8 Oktober 2020 PKK Desa Ponggok yang diwakili oleh Ibu Ratnasari Irawati menyelenggarakan acara live streaming bersama Bunda Tjut Zakiyah, Pendongeng dan penulis buku anak melalui instagram yang bertajuk “Menjadi Tutor Sekolah Daring yang Asyik untuk Anak”.’

Acara ini diinisiasi oleh PKK Desa Ponggok sebagai ajang berdiskusi dan curah gagasan bagi para orangtua, khususnya ibu-ibu yang “terpaksa” harus menjadi tutor sekolah daring bagi anak-anaknya. Perubahan kebiasaan ini tentunya membutuhkan peran orang tua, sebagai pengganti guru di sekolah untuk lebih kreatif dan inovatif agar anak selalu semangat.

Adapun menurut Bunda Tjut Zakiyah, “belajar daring itu bukan berarti memindahkan sekolah ke rumah, dan menjadikan orangtua sebagai guru pengganti. Jadi kita jangan memposisikan diri sebagai guru yang harus menuntut anak-anak untuk memenuhi kompetensi tertentu selayaknya di sekolah. Tapi kita harus menjadi jembatan bagi anak dan guru, selayaknya orangtua.”

Bu Nana pun mengamini pendapat tersebut, bagi beliau pandemi ini justru dimaknai sebagai momen untuk lebih dekat dengan anak-anaknya dan kesempatan untuk beliau belajar banyak hal terutama ketika diharuskan untuk mendampingi anak-anaknya.

“Saya sebagai ibu rumah tangga, bahwa pandemi ini jangan membuat kita semakin terpuruk, karena semua kondisi itu memiliki sisi baik dan buruk. Contohnya, saya jadi lebih banyak waktu untuk belajar banyak hal termasuk lebih dekat dengan anak. Kita tidak usah khawatir dan berlebihan. Mari kita isi dengan kegiatan positif.” Pungkas bu Nana.

*Silvi Sri Mulyani | Ponggok Creative

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!